Wawancara lagi.. sekarang tentang IKA FKH IPB

Karena merasa masih memiliki kekuatan untuk melanjutkan wawancara, maka Tukang Tanya (TT) melanjutkan wawancara dengan drh. Olan Sebastian yang juga merupakan ketua IKA FKH IPB saat ini mengenai organisasi yang dipimpinnya. Inilah dia wawancara tersebut :

TT : Bisa cerita tentang sejarah keberadaan IKA FKH IPB ?

OS : Ikatan Alumni Fakultas Kedokteran Institut Pertanian Bogor didirikan pada tanggal 31 Mei 1991, pada saat itu kepengurusan diketuai oleh Drs.Mashud Wargadipura. Dan pada saat yg sama juga didirikan yayasan IKA FKH-IPB. Sampai dengan tahun 2000 IKA FKH IPB terasa vacuum, tidak ada aktifitas sehingga dilakukanlah apa yg disebut REVITALISASI pada tahun 2000 dengan terpilihnya drh. A. Boly Prabanto untuk kepengurusan periode 2000-2005.

TT : Apa tujuan keberadaan IKA FKH IPB ?

OS : IKA FKH IPB adalah organisasi yang bersifat kekeluargaan, bebas dari pengaruh aliran politik dan agama, serta merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari almamater. Bertujuan untuk mempererat persaudaraan di antara alumni FKH IPB, membantu pembinaan para alumni dalam memenuhi tugasnya dengan jalan membina hubungan almamater dengan alumni dan sesama alumni serta membantu almamater untuk dapat melaksanakan Tridharma perguruan tinggi.

TT : Apakah keberadaan IKA tidak bertabrakan dengan PDHI ? Karena toh hampir semua alumni FKH adalah dokter hewan yang akan menjadi anggota PDHI?

OS : Pasti tidak, karena IKA FKH IPB adalah oganisasi yang menekankan pada kegiatan-kegiatan sosial dari, oleh dan untuk alumni dan stakeholder-nya, sedangkan PDHI adalah organisasi yang menekankan pada profesi kedokterannya (praktisi, akademisi, dll)

TT : Kira-kira, ada berapa alumni FKH IPB sekarang?

OS : Pada tahun 2004 tercatat ada 2418 orang dan diperkirakan hingga tahun 2009, sebanyak lebih dari 3600 orang (meliputi SKH, DRH, Master dan Doktor).

TT : Apa yang bisa diharapkan alumni dari IKA ? Apa yang diharapkan IKA dari alumni ?

OS : Hal yg sangat substansial, adalah adanya pola pikir yang sama diantara para stakeholder (alumni, fakultas dan para pengguna jasa dokter hewan). Sebagai sebuah organisasi tentunya alumni mengharapkan adanya komunikasi berkesinambungan dengan fakultas sebagai produsen tenaga dokter hewan melalui IKA sebagai jembatannya, demikian sebaliknya IKA mengharapkan peran serta yg aktif dari alumni, tidak hanya material, tapi yang lebih utama adalah informasi kebutuhan para pengguna jasa dokter hewan dapat dikomunikasikan ke fakultas.

TT : Melihat kepengurusan sekarang sudah expired, kapan akan ada Munas lagi ? Kira-kira siapa saja yang boleh berkiprah di IKA ?

OS : Kesempatan yg sangat berharga untuk menginformasikan keberadaan IKA FKH IPB ini adalah di acara VETERINARIAN VAGANZA. Kenapa demikian ? Karena pada saat yang sama diadakan Pengambilan Sumpah Dokter Hewan dan Temu Alumni; dan karena kepengurusan IKA periode 2005-2008 sudah harus selesai, maka kesempatan ini dipakai untuk mengadakan acara “PRA MUNAS” dan untuk itu diminta peran aktif semua anggota IKA (Drh , SKH, Master dan doktor yang lulus dari FKH IPB).
MARI.. SUKSESKAN VETERINARIAN VAGANZA UNTUK MENATAP MASA DEPAN IKA YANG LEBIH BAIK …

About vetvaganza

Reminiscence of November 27, 2010 party.. getting ready to take the next step..
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s